Jumat, 30 Desember 2016

Tinggalkan Dosa dan Kemaksiatan

       Dosa dan kemaksiatan adalah sumber dari segala musibah yang terjadi di dunia ini baik itu yang menimpa satu individu ataupun yang menimpa masyarakat.
Allah berfirman:
"Telah tampak kerusakan di daratan dan lautan disebabkan karena tangan manusia." (Qs. Ar-Rum: 41)
         Sesungguhnya orang yang memperbanyak kemaksiatan pada hakikatnya telah menghalangi dirinya dari ilmu yang bermanfaat.
Setiap kali Imam Abu Hanifah ra menemukan kesulitan dalam memecahkan sebuah masalah, ia berkata kepada muridnya, "Semua ink karena dosa yang saya lakukan", kemudian ia beristighfar dan terkadang mendirikan shalat, hingga terbuka baginya jalan keluar, lalu berkata, "Saya berharap Allah SWT telah menerima taubat saya dan mengampuni dosa saya karena Dia telah membukakan masalah tersebut dan memberi saya pemahaman, dan itu tidak akan diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang bermaksiat."
       Perlu diketahui bahwa banyaknya musibah yang kita hadapibisa jadi karena kemaksiatan kita yang begitu banyak kepada Allah SWT.,bahkan, kita mendurhakai-Nya sehingga membuat Allah murka sedangkan kita tidak menyadari dan menyesalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar