Rabu, 28 Desember 2016

Definisi Diksi

PEMBAHASAN
A. Diksi
Diksi atau pilihan kata menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan). Berikut pengertian diksi menurut para ahli:
1. Widyamartaya (1990: 45), diksi atau pilihan kata adalah kemampuan seseorang membedakan secara epat nuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikannya, dan kemampuan tersebut hendaknya disesuaikan dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki oleh sekelompok pendengar atau pembaca.
2. Enre (1988: 102), diksi adalah pilihan kata secara tepat untuk mewakili pikiran dan perasaan yang ingin dinyatakan dalam pola suatu kalimat.
3. Mustakim (1994: 41), membedakan antar istilah pemilihan kata dan pilihan kata. Pemilihan kata adalah proses atau tindakan memilih kata yang dapat mengungkap gagasan secara tepat, sedangkan pilihan kata adalah hasil proses atau tindakan tersebut.
Dari berbagai teori tersebut dapat dikatakan bahwa diksi adalah upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam suatu tuntutan bahasa. Pemakaian diksi dilakukan karena tersedia sejumlah kata yang artinya hampir sama atau mirip. Diksi bukan hanya memilih kata yang tepat saja, tapi juga cocok. Cocok disini artinya sesuai dengan konteks dimana kata berada. Juga maknanya tidak bertentangan dengan nilai masyarakat.
Diksi bukan hanya berarti pilih memilih kata, melainkan untuk digunakan untuk menyatakan gagasan atau menceritakan peristiwa juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan, dan sebagainya. Agar dapat menghasilkan ungkapan yang baik melalui pilihan kata, maka diksi yang baik harus memenuhi syarat-syarat berikut:
1. Tepat:
a. Membedakan makna denotasi dan konotasi
b. Tidak menafsirkan kata secara subjektif
c. Menggunakan kata umum dan kata khusus dengan cermat
d. Menggunakan kata abstrak dan kata konkret secara cermat
2. Sesuai:
a. Menggunakan ragam baku
b. Menggunakan kata yang berhubungan dengan nilai sosial
c. Menggunakan kata berpasangan dan berlawanan makna dengan cermat
d. Menggunakan kata dengan nuansa tertentu
e. Menggunakan kata popular
Fungsi Diksi:
1. Membuat pembaca atau pendengar mengerti dan paham terhadap apa yang disampaikan penulis atau pembicara
2. Menjadikan komunikasi yang efektif
3. Melambangkan gagasan secara verbal
4. Membentuk gagasan yang tepat
5. Membuat seseorang menguasai kosakata yang luas
6. Mengandung pengertian upaya atau kemampuan membedakan secara tepat
7. Menyangkut kemampuan untuk memilih kata yang tepat dan cocok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar