Kamis, 29 Desember 2016

Definisi Literasi

Pengertian Literasi

Tompkins (1991) mengemukakan bahwa literasi merupakan kemampuan dalam membaca dan menulis dalam melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan dunia kerja dan kehidupan  di luar sekolah. Sementara itu, Wells mengemukakan bahwa literasi merupakan kemampuan bergaul dengan wacana sebagai representasi pengalaman, pikiran, perasaan, dan gagasan secara tepat sesuai dengan tujuan.Sulzby (1986) mengartikan literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis.
Dalam pengertian luas, literasi meliputi kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dan berpikir yang menjadi elemen di dalamnya. Menurut Unesco, seseorang disebut literate apabila ia memiliki pengetahuan yang hakiki untuk digunakan dalam setiap aktivitas yang menuntut fungsi literasi secara efektif dalam masyarakat, dan pengetahuan yang dicapainya dengan membaca, menulis, dan arithmetic memungkinkan untk dimanfaatkan bagi dirinya sendiri dan perkembangan masyarakat. Sementara itu, Wells mengemukakan bahwa untuk menjadi literate yang sesunguhnya, seseorang harus memiliki kemampuan menggunakan berbagai tipe teks secara tepat dan kemampuan memberdayakan pikiran, perasaan, dan tindakan dalam konteks aktivitas sosial dengan maksud tertentu.Dalam hal ini literat diartikan sebagai mahir wacana (Muhana, dalam Resmini, Tanpa Tahun).
Jika disimpulkan, pengertian literasi adalah kemampuan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dan berpikir sebagai representasi pengalaman, pikiran, perasaan, dan gagasan secara tepat sesuai dengan tujuan.Singkatnya, literasi adalah kemampuan atau keterampilan membaca dan menulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar