Rabu, 28 Desember 2016

Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan Spiritual
Menurut Zohar dan Ian Marshall, penerjemah Helmy Mustofa (2005:25): (1) Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang kita gunakan untuk membuat kebaikan, kebenaran, keindahan, dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari kita, keluarga, organisasi, dan lembaga. (2) kecerdasan Spiritual adalah cara kita menggunakan makna, nilai-nilai, tujuan, dan motivasi dalam proses berpikir dan pengambilan keputusan.
Menurut Abdul wahid Hasan (2006:27) yang mengemukakan bahwa: “Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapi, orang diminta untuk mengubah penderitaan menjadi semangat kreatif (motivasi) hidup yang tinggi sehingga penderitaan berubah menjadi kegembiraan hidup. Manusia harus dapat menemukan makna hidup “.
Menurut Marsha Sinetar (2001:9) menyatakan: Kecerdasan spiritual adalah pikiran yang mendapat inspirasi, dorongan, dan efektivitas yang lebih baik.
Orang yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ) memiliki kemampuan untuk berpikir tentang apa pun di luar materi fisik dan indera manusia. Kecerdasan spiritual (SQ) yang mampu berpikir dan percaya bahwa ada kekuatan lain yang melebihi kekuatan apapun di dunia ini.
Kecerdasan spiritual (SQ) percaya bahwa segala sesuatu yang muncul atau materi bukanlah segalanya. Bahkan SQ merupakan kecerdasan tertinggi kita, karena SQ merupakan landasan dan sumber dari kecerdasan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar