Kamis, 29 Desember 2016

Key Word 2 : Katak Dalam Sawah

Hal yang menjadi mutlak ialah seseorang memiliki potensi atau bakatnya sendiri sejak ia dilahirkan. Akan tetapi potensi itu akan bekerja secara optimal jika anak tersebut menjalani tugas perkembangannya sesuai dengan porsinya atau dengan kata lain anak tersebut mendapat pendidikan dan pelatihan dari lingkungannya dengan baik dan sesuai dengan bakat yang dimilikinya.
Ketika seeorang telah mencapai titik puncak kesuksesan dari tempat ia berada, ia akan merasa bahwa jeripayahnya selama ini tidaklah sia-sia melainkan melahirkan sesuatu yang memuaskan, seperti kata pepatah “Usaha tidak akan menghianati Hasil”.
Akan ada kemungkinan ketika seseorang mencapai puncak kesuksesannya, yang pertama ia akan rendah hati dan terus belajar karena merasa belum puas dengan pencapaiannya saat ini, yang kedua ada pula seseorang ketika telah mencapai titik pencapaian yang tinggi ia akan merasa tinggi hati dan merasa ilmunya sudah cukup sehingga tidak perlu lagi mencarinya.
Dari dua kemungkinan di atas, penulis ingin membekali pembaca dengan satu kalimat : “Katak di Dalam Sawah Tidak Akan Pernah Tahu Seberapa Dalam dan Luasnya Lautan”.
Pencapaian yang baik yang kita capai saat ini ialah pemenang di tempat yang kita tempati. Sebagai contoh, ketika seseorang merasa dirinya pandai karena mendapat juara kelas, belum tentu ia dapat menjadi juara pula bila di kelas yang lain. Sebab ia adalah seekor katak yang berada di dalam sawah. Bila ia tidak keluar dari sawah tersebut maka ia tidaka akan pernah tahu seberapa dalam dan luasnya lautan. Bila ia hanya menjadi pemenang dalam kelas belajarnya belum tentu ia akan menjadi pemenang dalam dan kelas yang lainnya. Karena ia belum memahami kekuatan pesaing di kelas lainnya.

Kita perlu mengenali lingkungan dan dunia agar kita tahu siapa kita dan tugas apa yang harus kita lakukan. Mengenali lingkungan saja tidak cukup akan tetapi kita harus mengetahui dunia kita agar rasa tinggi hati itu tidak menjadi sahabat dalam pencapaian kesuksesan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar