Rabu, 28 Desember 2016

Komponen Berpikir Manusia

Manusia memiliki tiga komponen berpikir yang nantinya akan mempengaruhi kecerdasan seseorang, yaitu :
1.      Sistem otak yang dipengaruhi pelatihan
Janin dalam kandungan yang otaknya sudah mengalami gangguan, akan mempengaruhi kecerdasannya dimasa akan datang, sebagai contoh seorang anak terlahir dalam keadaan downsyndrome umumnya memiliki perkembangan sistem otak yang terhambat, lain halnya dengan  anak yang terlahir dalam keadaan normal, ia akan lebih mudah mencerna informasi yang diterimanya, tetapi apabila penderita downsyndrome diberi pelatihan optimal yang membentuk kebiasaan dapat mempengaruhi perkembangan pola pikirnya. Sistem otak manusia mempengaruhi kecerdasan, otak anak yang terlahir dalam keaadaan normal pun perlu adanya pelatihan optimal, sebab sistem otak tidak dapat bekerja dengan baik apabila tidak dibarengi dengan pelatihan terus-menerus.
2.      Panca Indera
Panca indera memiliki pengaruh besar dalam mendukung tingkat  kecerdasan seseorang. Pada umumnya anak belajar menggunakan alat inderanya, apabila salah satu dari inderanya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, anak cenderung kesulitan menerima informasi yang diberikan padanya, tentunya anak membutuhkan pendidikan khusus yang tidak bisa disamakan dengan anak lainnya.
3.      Informasi Awal
Kehidupan individu biasanya cenderung akan melihat peristiwa yang terjadi di sekitarnya, setelah menerima informasi, individu akan cenderung meniru informasi tersebut. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan ialah informasi awal, sebagai contohnya ialah ketika seorang ibu yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu dan menyalurkan pengetahuannya kepada anak maka secara otomatis informasi tersebut akan terangsang dalam otak anak dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar